Contact online

Blogger templates

msora

Pages

Tuesday, November 24, 2015

Kenapa Kita Harus Memilih Pencak Silat Daripada Bela Diri Lain ?

Kenapa Kita Harus Memilih Pencak Silat Daripada Bela Diri Lain ? - Di jaman yang serba moderen, serba cepat, serba acuh tak acuh dan serba tidak peduli mungkin bela diri adalah pilihan yang tepat untuk menjaga diri kita. Mungkin ketika kecil kita dilarang untuk mengikuti bela diri dikarenakan orang tua kita takut kalau kita menjadi nakal dan suka memukuli orang lain yang tidak bersalah. Namun bagi kita yang sudah beranjak dewasa dan khususnya siswa SMK Negeri 2 Sragen yang suatu saat ketika lulus akan bekerja di tempat yang jauh akan sangat perlu untuk mempelajari bela diri untuk menjaga diri kita masing-masing.


Dari ribuan jenis bela diri yang ada di dunia ada salah satu ilmu bela diri asal negara kita Indonesia yang bernama Pencak Silat. Pencak Silat sendiri ada berbagai jenis perguruan yang tersebar diseluruh nusantara yang terkenal maupun yang belum dikenal. Pencak Silat adalah ilmu warisan leluhur kita yang mempunyai nilai-nilai yang sangat membangun mental dan perilaku kita dalam bertindak dan berkehidupan. Namun banyak orang yang masih takut mengikuti Pencak Silat dengan berbagai alasan.

Berikut Beberapa Alasan Mengapa Orang Takut Mengikuti Pencak Silat :

Silat Itu Keras

Sebenarnya arti bela diri adalah untuk membela diri dari berbagai jenis lawan kita. Kita di didik keras agar supaya suatu saat jika ada orang jahat yang ingin melukai kita kita dapat menghindar melawan dan segera lari. Dalam Pencak Silat kita dilatih segala jenis olah raga yang dijadikan satu yaitu kelincahan, lari, kelenturan, bela diri dan masih banyak lagi. Jadi kalau latihannya tidak capek itu bukan Bela Diri namanya melainkan balet, hehe.

Orang Silat Diajarkan dan Suka Berkelahi

Dalam Pencak Silat kita diajarkan bagaimana menangkis berbagai serangan lawan dan kita juga diajarkan bagaimana cara kita menyerang musuh dengan efektif. Namun anggapan orang-orang mengenai orang yang mempelajari Pencak Silat suka berkelahi tidak semuanya benar karena dalam Pencak Silat kita diajarkan bagaimana cara menghormati orang lain, diajarkan kesopanan, persaudaraan (tali silaturahmi), bagaimana cara memperlakukan orang lain, bagaimana cara menghargai orang lain, bagaimana mengatur emosi dan masih banyak lagi. Pencak Silat adalah sebaik-baik bela diri karena kita diajarkan budi luhur para pendahulu kita pada jaman dulu.

Pencak Silat Identik Dengan Ilmu Gaib

Anggapan ini tidak semuanya benar karena biasanya yang dijadikan acuan adalah ketika orang yang mengikuti Pencak Silat biasanya di tes di kuburan. Itu hanyalah untuk mengetes mental kita, membuat mental kita menjadi pemberani dan tidak mudah takut, toh di kuburan juga tidak ada apa-apa. Kalian harus tahu menurut saya Pencak Silat dibawa oleh orang melayu Islam yang suka merantau untuk menjaga diri dan kita bisa lihat dari semboyan para Pesilat Betawi yaitu "Ngaji, Sholat, Silat". Jadi tinggal kita memilih aliran Pencak Silatnya, saran saya ikutlah Pencak Silat yang dilatih untuk menjadi atlet.

Itulah beberapa alasan orang takut mengikuti Pencak Silat. Apakah kalian tidak malu ketika orang barat sudah sangat ahli dalam mendalami ilmu PENINGGALAN NENEK MOYANG kita sendiri ? apakah kalian tidak malu ketika mengaku cinta Indonesia namun SILAT beladiri asli Indonesia kamu pelajari ? Jadi tidak ada alasan lagi mengapa kamu tidak mengikuti Pencak Silat.


Lihat video dibawah ini agar kita sadar betapa detailnya orang luar belajar Pencak Silat melampaui kita.


Nenek moyang kita bangsa Indonesia telah menciptakan berbagai ilmu silat untuk melindungi diri dan untuk anak cucunya dan kita seharusnya lebih bersyukur kita dapat belajar dan bangga memiliki ilmu Pencak Silat. Sekarang kita juga dapat berprestasi melalui pencak silat seperi Iko Uwais :)

Sekian artikel saya kali ini mengenai kenapa kita harus memilih Silat ketimbang beladiri lain. Semoga bermanfaat dan salam jepret JAFF.

0 comments:

Post a Comment