Contact online

Blogger templates

msora

Pages

Sunday, June 26, 2011

Kayak Gimana sich Sistem Pendidikan di Indonesia itu???

Ini nich salah satu hasil wawancara kami dengan para sahabat “Madara Online”..

Salah satunya ini wawancara “CAMAD” (Cah Mading) dengan mbak Dian Gigih Indrawati kelas XII TKJ1, atau yang akrab dipanggil mbak gigih.

CAMAD : “Menurut anda system pendidikan zaman sekarang itu seperi apa?”


Mbak Gigih : “Setau saya system pendidikan sekarang ini menggunakan system KTSP (Kurikulum TINGKAT Satuan Pendidikan ). Kalau dipelajaran PKn seperti Otonomi daerah githuuu… Jadi setiap sekolah berhak menentukan kurikulum sendiri. Apalagi kita di SMK, setiap sekolah kejuruan pasti ada system pelajarannya sendiri. Contohnya lamanya Prakerin disetiap sekolah berbeda. Yang intinya saya lebih nyaman dengan system KTSP ini karena guru bisa langsung mengetahui kemampuan siswa didiknya”.


CAMAD : “Kalau yang Zaman dulu seperti apa pula?”


Mbak Gigih : “Kalau zaman dulu menggunakan system KBM, yang dimana harus terpacu pada KBM tersebut. Jadi, agak ngekang gitu ya,hehehehe… Jadi ya kurang nyaman. Tapi lebih jelasnya Tanya aja dech ke pihak Kurikulum, hehhehehee”.


CAMAD : “Dibanding pendidikan zaman dulu, lebih cocok mana untuk digunakan sebagai acuan mengubah karakter anak bangsa saat ini?


Mbak Gigih : “Menurut saya lebih baik menggunakan Program KTSP, karena setiap anak memiliki sifat atau karakter yang berbeda jadi bagaimana cara para pendidik membentuk karakter mereka dengan cara mereka sendiri.”


Mau tahu wawancara kami selanjutnya, monggo di simak atuhh.. Ini wawancara kami dengan kakak kelas yang baru Lulus kemarin, Mas Michael. Mas Agusta Tri Rusandi deng,, alumni dari kelas XII TMO1.

Ini nich jawaban dari Mas Michael…

Menurut saya Sistem pendidikan sekarang itu perlu diubah karena system kerja tidak merata. Contohnya system perdinas Pendidikan yang ada dikabupaten.. System pendidikan yang diterapkan di kabupaten Sragen berbeda dengan Kabuparten Karanganyar. Seharusnya saat pergantian System pendidikan itu harus didiklat agar System Pendidikan itu sama diseluruh INDONESIA..

Terus,kalau system pendidikan zaman dahulu itu menurut saya sama saja. Kalau zaman dahulu system pendidikan Indonesia baik, seharusnya sekarang Negara Indonesia menjadi Negara maju. Jadi, Indonesia perlu mengadakan Revolusi bukan Evolusi. Karena Inonesia sudah terlalu lama ber-Evolusi namun tidak ada hasil yang memuaskan. Maka Revolusi Pendidikan di Indonesia sangat perlu dilakukan agar Pendidikan Indonesia menjadi lebih baik dari pada sekarang.

Pertanyaan pemungkas, yang dijawab dengan jawaban yang singkat,heheeee.

Menurut saya cocok yang sekarang karena system pendidikan yang sekarang cenderung menggunakan kompetensi siswa sehingga siswa bebas untuk berekspresi. Untuk itu, demi kemajuan Pendidikan Indonesia maka System Pendidikan Indonesia perlu ditambah.

Wah-wah,,suatu jawaban yang bagus bukan??? Ya, semoga apa yang kita inginkan tentang pendidikan di Indonesia bisa terwujud dan pendidikan di Indonesia menjadi lebih baik daripada sekarang! Aamiin.

0 comments:

Post a Comment